Rabu, 13 Februari 2013

Pengujian Bakteri Pseudomonas Aeroginosa



Pengujian Bakteri Pseudomonas Aeroginosa

1.                  Pendahuluan
Berdasarkan bakteri Pseudomonas Aeroginosa dalam suatu bahan (makanan, obat, kosmetik, dll)badalah sangat mungkin mengingat bakteri ini terdapat dimana-mana. Misalnya di tanah, air, kotoran, debu, dll.
Bakteri ini termasuk panthogen sebagai penyakit kulit, mata telinga, saluran kemih, dan bakteri ini dapat merusak bahan (makanan) dan tahan terhadap antibiotika.

2.                  Prinsip
Berdasarkan kemampuan tumbuh pada media yang mengandung centrim membentuk pigmen tiosianin dan fluoresin, motilitas aktif, mempunyai enzim sitooksidase dapat tumbuh pada suhu 42 derajat Celcius.

3.                  Alat yang digunakan :

·         Tabung reaksi
·         Penyangga tabung
·         Labu Erlenmeyer
·         Pipet ukur 10 ml
·         Cawan petri
·         Spirtus
·         Ose/Sengkelit
·         Beaker gelas
·         Kapas, benang dan kasa


4.                  Bahan yang digunakan :

·         Sampel nasi basi
·         Air steril
·         Media CETA (Centrimit Agar)
·         Media TSB (Trypticaso Soy Broth)
·         Media NB (Nutrient Broth)


5.                  Langkah Kerja :
a.  Menimbang 10 gram ditambah 10 ml air steril dipipet sebanyak 1 ml kedalam media TSB 10 ml dan di inkubasi pada suhu 370C selama 24-48 jam.
b.    Mengeluarkannya setelah di inkubasi dan mengambilnya dengan sengkelit.
c.   Menginokulasi bakteri yang tumbuh dalam media TSB ke dalam media CETA dalam cawan petri. Menginkubasinya pada suhu 42 derajat Celcius selama 24-48 jam. Jika positif koloni berwarna kehijauan.
d.   Mengambil bakteri dari media CETA menggunakan sengkelit setelah itu di isolasi pada media NB 10 ml, kemudia menginkubasinya pada suhu 37 derajat Celcius selama 24-48 jam
e.  Mengeluarkannya setelah di inkubasi dan mengambilnya dengan sengkelit dan mengisolasi pada media agar miring dan isolasi pada suhu 37 derajat Celcius selama 24-48 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar